Jumat, 28 Desember 2012

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem atau rangkaian yang terdiri dari dua atau lebih komputer dimana setiap komputer terhubung satu dengan yang lainnya oleh sebuah sistem komunikasi, sehingga memungkinkan setiap komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer :

A. Berdasarkan Jangkauannya
 1. LAN (Local Area Network)
merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih  komputer dalam cakupan kecil, seperti laboratorium, kantor, warnet, rumah.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, jaringan antar gedung.

3. WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan yang mencakup daerah yang sangat luas seperti antar negara maupun benua. Contohnya jaringan bank internasional, Jaringan provider telepon seluler.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Data
1. Jaringan Terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server, dimana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server .

2. Jaringan Terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat, sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu. 

C. Berdasarkan Media Transmisi
1. Jaringan Berkabel(Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain maupun melalui bridge/switch diperlukan penghubung berupa kabel khusus. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. 

2. Jaringan Nirkabel
 Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

D. Berdasarkan Peranan Komputer dalam Proses Data
 1. Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.







2. Jaringan Peer to Peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar