Jumat, 28 Desember 2012

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Pada saat  ini, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan salah satu hal yang paling penting  adalah wawancara kerja. Sukses atau tidaknya seseorang saat menghadapi wawancara sangat mempengaruhi seseorang tersebut diterima bekerja atau tidak. Tidak sedikit orang yang berkualitas dan memiliki kemampuan dibidangnya mengalami kesulitan dalam mencari kerja, hal ini dikarenakan orang-orang tersebut gagal dalam menghadapi wawancara kerja. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu saat menghadapi wawancara kerja :

1. Hadir Tepat Waktu
Ketika menghadapi wawancara kerja jangan datang terlambat. Akan lebih baik jika datang lebih awal, karena waktu yang ada dapat digunakan untuk menenangkan emosi, merapikan pakaian dan make up.

2. Jabat Tangan dengan Tegas
Pada saat berjabat tangan dengan interviewer jabatlah tangannya dan pandanglah kearah matanya. Hal ini merupakan salah satu poin yang dinilai oleh interviewer.

3. Berikan Jawaban yang Singkat dan Jelas
Pada saat menjawab pertanyaan yang diberikan interviewer, jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat dan jelas. Jangan menjawab pertanyaan secara panjang lebar dan bertele-tele.

4. Aktif dalam Percakapan
Dalam wawancara anda harus aktif berbicara, ciptakan suasana yang akrab dengan interviewer. Cobalah bertanya hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

5. Rendah Hati
Tetaplah rendah hati, jangan meremehkan persyaratan dan pertanyaan yang diajukan oleh interviewer.

6. Perlihatkan Minat Anda
Ekspresi wajah juga merupakan poin yang dinilai oleh interviewer. Tunjukkan wajah yang penuh minat dan semangat dan yakinkan interviewer bahwa anda akan sukses dengan pekerjaan yang anda lamar tersebut.

7. Jangan Menceritakan Keburukan Perusahaan Sebelumnya
Jika sebelumnya anda sudah pernah bekerja diperusahaan lain, jangan menceritakan keburukan dari perusahaan tersebut kepada interviewer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar