Jumat, 28 Desember 2012

Langkah - Langkah Membuat Web Sederhana

Pada saat ini banyak orang yang membuat web pribadi. Kebanyakan dari mereka membuat web adalah bertujuan untuk memberikan atau membagikan informasi kepada orang lain. Namun pada dasarnya web bukanlah merupakan media terbikan untuk menyebarkan informasi melainkan masih banyak lagi media-media laiinnya yang bisa digunakan untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk membuat web pribadi yang sederhana, antara lain adalah:

1. Tujuan
Sebelum kita membuat web kita harus memiliki tujuan yang jelas dan nyata agar web yang kita buat tidak sia-sia dan berguna bagi orang lain.

2. Materi
Kemudian kita juga harus memiliki materi yang akan kita muat dalam web.

3. Blueprint
Tidak jauh berbeda dengan pembuatan dan perancangan hal-hal lain, dalam pembuatan web kita juga harus memiliki perencanaan agar isi dari web dapat menarik perhatian orang lain dan sesuai dengan keadaan minat masyarakt akan suatu hal pada saat itu

4. Hak cipta
Dalam pembuatan pengisian web kita harus tahu bahwa material / bahan yang digunakan untuk membangun situs tidak ada yang melanggar hak cipta. Jangan sampai mengambil bahan-bahan tersebut tanpa ijin, karena akan melanggar hokum.

5. HTML
Hyper Text Markup Language(HTML) merupakan salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan sebuah web di Internet. Akan jauh lebih baih jika kita bisa mempelajari lebih lanjut tentang HTML. Tapi dengan adanya banyak editor HTML maka dengan pengetahuan yang minim tentang HTML kita sudah bisa membuat sendiri dengan cukup mudah.

6. Desain web
Salah satu hal yang paling penting untuk menentukan bagus atau tidaknya suatu web adalah desain. Jika orang lain melihat desain yang bagus maka dia akan tertarik untuk membaca isi dari web tersebut.

7. Advanced web tools
Gunakanlah beberapa web tool agar mampu menambah interaktifitas web di internet. Namun untuk menggunakannya diperlukan kemampuan programming yang cukup lumayan sebagai penunjangnya.Beberapa contoh web tools antara lain : CGI scripts, shockwave & java.

8. Publikasi
Publikasikanlah web anda kepada jangkauan yang terkecil dulu, seperti teman-teman dan kerabat. Contoh mudahnya adalah dengan memasukkan alamat web anda pada situs jejaring sosial yang pada saat ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat.

9. Update
Perbaharuilah tulisan dan isi web anda sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada saat itu. Agar dapat lebih menarik perhatian orang lain, kita dapat mengangkat masalah yang baru terjadi dan masih hangat dibicarakan dalam kehidupan sehari-hari.

10. Membuka masukan
interaksi dengan masyarakat internet akan membuka banyak sekali kesempatan maupun tantangan yang sulit. Mekanisme feedback ini harus dilakukan untuk kebaikan kita semua. Hal ini juga dapat menambah pengetahuan kita dari masukan-masukan dan kritikan-kritikan yang diberikan oleh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar